HATI-HATI Jika Anda Mendapat Telepon dan PopCall Seperti ini !! Itu Modus Penipuan.. Tolong Sebarkan !!

00:15
Barusan tadi di smartphone android saya mendapat PopCall seperti ini. Tak lama kemudian saya ditelepon oleh seorang pria (penipu) dari nomor 6282177661620 tersebut.
Penipu itupun langsung memulai percakapannya :

"Halo selamat siang, saya customer service dari grapari telkomsel pusat resmi yang berada di jakarta. Kami ingin memberitahukan kabar gembira kepada bapak. Anda mendapatkan hadiah berupa uang sebesar 5 juta dalam rangka menyambut hari raya ramadhan. uangnya akan ditransfer dari BANK MANDIRI.

Penipu : Anda punya ATM mandiri?
Saya : Punya.
Penipu : Selain bank mandiri, apa punya ATM yang lain?
Saya : Punya, (saya sebut semua biar tambah senang si penipu)

Penipu : Selamat yah pak, anda bisa mengambilnya langsung di ATM. anda tidak perlu memberitahukan no rekening bapak. mengingat sekarang ini banyak sekali kasus penipuan. itu berbahaya sekali pak.

(hahaha... Saya senyum2 saja di balik telepon, kalau kita mau dikirimin uang, masa kagak dimintai nomor rekening. hahaha... emangnya dia mau kirim kemana? ini penipu koq kepinteran banget yah. )

Penipu  : Untuk pengambilan, bapak dimohon untuk pergi ke ATM terdekat untuk mengikuti prosedur pengambilan. Kira-kira bapak butuh waktu berapa lama untuk pergi ke ATM dari tempat bapak?

Saya langsung semprot tuh penipu : Kalau mau nipu yang pinter dikit !! Ngapain suruh gue ke ATM segala. Lu kalau mau transfer, langsung aja kirim ke rekening gue. Lu mau minta semua no rekening bank pun gue bakal kasih. Gak masalah, apanya yang berbahaya.

Yang ada tuh.. ujung-ujungnya lu yang bakal nyebutin no rekening lu, nyuruh gue transferin duit buat lu !! Mau cari duit yang halal mas, kerja yang bener.. jangan nipu apalagi pake bawa-bawa hari raya ramadhan !!"

tut.. tut.. tuttt.. Penipu langsung mutusin teleponnya.

Info penting buat semua pengguna handphone :
"" pop-up seperti ini disebut popcall. Jangan sampai terkecoh, jangan kira ini beneran info resmi kiriman dari pusat telkomsel.

PopCall adalah salah satu fitur dari Telkomsel ini, jika anda mengaktifkan fitur ini, maka tepat sesaat sebelum anda menelpon, akan muncul pop up di layar hp tujuan yg berisi pesan yg bisa anda atur sebelumnya. Nomer yg dituju akan membaca pesan yg telah anda atur sebelumnya dalam bentuk pop up tepat sebelum panggilan anda terhubung... ini yang dimanfaatin oleh para penipu untuk meyakinkan korbannya. Munculnya akan seperti yang telah saya screenshot ini :
Diharapkan semua lebih hati-hati, jangan sampai terkecoh dan ditipu. 
Mohon disebarkan supaya tidak ada yang menjadi korban,

Share this :

Previous
Next Post »